Catatan Belajar Dari Kendawangan

  • RSS
  • Delicious
  • Facebook
  • Twitter

Twitter

Cara Mudah Mengupgrade Memory Ram

Posted by AWAN THE KILL - -

Setelah kita mengetahui PERBEDAAN MEMORY RAM DDR, DDR2 dan DDR3 SDRAM  sekarang kita akan belajar menambah atau upgrade Memoy Ram.

Penambahan Memory akan meningkatkan performa komputer secara sifnifikan tetapi jumlah penambahan yang terlalu besar biasanya tidak banyak berpengaruh. Misalnya Jika RAM sudah diatas 4 GB, biasanya peningkatan tidak akan terlihat 

Sebagai contoh Windows 7 biasanya memerlukan paling tidak 2 GB memory, sehingga bagi yang kurang harus di upgrade agar mendapatkan performa yang bagus.
Sebenatnya untuk menambah (upgrade) RAM relatif mudah, kita tinggal mengetahui jenis RAM yang digunakan dan memeriksan apakah masih ada slot kosong untuk memasang RAM. 
Yang Perlu Diperhatikan adalah :: 
  1. KESAMAAN JENIS MEMORY RAM karena DDR1 tidak akan cocok dengan DDR2, dan DDR2 tidak cocok dengan  DDR3. Diperlukan jenis yang sama ketika akan mengupgrade RAM.
  2. JENIS MEMORY RAM biasanya mempunyai tipe yang bermacam-macam, misalnya DDR3-6400, DDR3-8500, DDR3-10600 dan lainnya ( semakin tinggi, transfer ratenya juga semakin besar). Meskipun untuk tipe yang berbeda masih kompatibel, tetapi RAM akan berjalan dengan tipe yang lebih rendah. Misalnya DDR3-10600 2 GB di gabung dengan DDR3-8500 2GB, jumlah RAM akan bertambah menjadi 4 GB, tetapi kinerja akan menyesuaikan yang terendah ( DDR3-8500 ).
  3. JUMLAH MAKSIMAL MEMORY RAM  tergantung pada Motherboard dan juga Sistem Operasi yang digunakan. Untuk sistem operasi 32-bit biasanya tidak mendukung RAM diatas 4GB, sedangkan untuk sistem 64-bit, secara teori dapat mendukung sampai 192 GB RAM (Windows 7 ultimate). Selain itu kadang jumlah maksimal juga dibatasi oleh Motherboard, Misalnya hanya mendukung maksimal 16 GB RAM. Demikianlah semoga bermanfat.              
 http://ebsoft.web.i d